Monday, October 1, 2012

6 Bahan Pemanis yang Lebih Baik dari Gula

Segala sesuatu yang memiliki rasa manis tentu pikiran kita langsung menuju kepada Gula. Namun dibalik rasanya yang manis Anda tahukan bahwa setiap makanan yang mengandung gula bisa beresiko mengalami obesitas dan diabetes. Memang mustahil jika membuat orang harus langsung berhenti mengkonsumsi gula, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai pengganti manis dari gula sebagai alternatif agar lebih sehat. Seperti yang dilansir greatist.com :

Bahan Pemanis yang Lebih Baik dari Gula

bahan pemanis pengganti gula, anti diabetes, anti obesitas

1. Stevia
Stevia merupakan jenis tanaman yang awalnya digunakan sebagai pemanis oleh suku Indian di Paraguay. Bahan ini biasanya dijual dalam bentuk bubuk atau cairan dan manisnya bisa sampai 300 kali lebih manis dari gula. Pemanis alami seperti Stevia ini tidak menyebabkan lonjakan gula darah tubuh ke setinggi gula tebu.

2. Agave
Agave juga merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan sebagai pemanis alami. Tanaman asli pegunungan Los Altos, Meksiko ini merupakan bahan dasar pembuatan minuman Tequila dan rasanya lebih manis dari gula. Sama seperti Stevia, Agave jauh lebih manis dibanding gula.

3. Madu
Madu adalah pilihan klasik untuk mengganti gula putih. Selain kalorinya lebih sedikit dari gula, kelebihan lainnya adalah rasanya lebih manis. Madu juga menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti antibakteri.

4. Sirup Beras Merah
Sirup beras merah dibuat dengan memasak beras merah sampai berubah menjadi sirup. Beberapa tahun terakhir, penggunaan sirup beras merah makin populer, terutama untuk membuat makanan kesehatan dan cemilan.

5. Gula Aren
Kalori yang terkandung di dalam gula aren lebih kecil dibandingkan dengan gula putih. Gula aren memiliki nilai indeks glikemik yang lebih rendah yaitu sebesar 35, sedangkan pada gula pasir indeks glikemiknya sebesar 58. Proses pembuatan gula aren umumya lebih alami sehingga zat-zat tertentu yang terkandung di dalamnya tidak mengalami kerusakan dan tetap utuh.

6. Buah
Bagi yang ingin mengganti gula tebu sepenuhnya, makanlah buah yang sudah masak atau produk buah-buahan seperti saus apel. Buah-buahan ini dapat diracik menjadi sup buah, salad atau dicampur dengan yoghurt.

Dengan 6 Bahan Pemanis Pengganti gula maka Anda tidak perlu takut dengan bayang-bayang diabetes ataupun obesitas, karena 6 bahan pemanis di atas sangat baik dikonsumsi dan sehat.

No comments:

Post a Comment