Monday, October 22, 2012

4 Jenis Makanan Baik Untuk Ibu Hamil

Semua orang tentu sangat menginginkan mempunyai anak yang sehat dan pintar. Anak yang sehat dan pintar pasti perlu memiliki asupan nutrisi yang baik pula. Pemberian nutrisi untuk anak bisa dilakukan ketika si anak masih kecil bahkan masih dalam kandungan ibu. Maka tidak sedikit orang memilih milih pola makan dan makanan sehat untuk menjaga bayi agar bisa berkembang dengan sehat. Namun tidaklah mudah dalam mengatur makanan untuk ibu hamil dan terkadang bingung pula apa yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Banyak ibu hamil yang mengira jika sedang hamil maka makan harus banyak, padahal bukan jumlah makanan yang perlu ditambah tetapi nutrisinya yang lengkap. Saat hamil, tubuh ibu menjadi lebih efisien dalam penggunaan energi. Ibu hamil tidak memerlukan asupan kalori tambahan pada semester pertama kehamilan. Namun jika sudah menginjak bulan ketujuh dan seterusnya, diperlukan 200 kalori ekstra per hari. Jumlah makanan yang dibutuhkan tergantung berat badan ibu sebelum hamil, penyakit yang diderita, dan aktivitas fisik rutin.

4 Jenis Makanan Baik Untuk Ibu Hamil

4 Jenis Makanan Baik Untuk Ibu Hamil, ibu hamil

1. Buah dan sayuran
Ibu hamil harus menjaga kesehatan. Oleh karena itu, konsumsilah buah dan sayur yang kaya vitamin, mineral, dan serat. Sebaiknya makan buah dan sayur dalam bentuk segar. Namun,  bisa juga membelinya dalam bentuk kering, beku, kalengan, atau jus untuk memenuhi batas minimal 5 porsi per hari.
2. Makanan berkarbohidrat
Makanan adalah sumber energi penting agar ibu hamil dapat menjalani aktivitas harian seperti biasa. Jangan singkirkan karbohidrat dari diet . Tetap konsumsi nasi, roti, kentang, dan pasta, namun pilihlah yang terbuat dari gandum utuh agar lebih sehat.
3. Makanan berprotein
Protein dibutuhkan bagi tumbuh kembang janin. Sumber protein yang baik bagi tubuh dapat berasal dari hewan (seperti ayam, ikan, dan telur) juga dari nabati (seperti kacang kedelai, almond, kacang merah). Konsumsilah minimal 2 porsi ikan seminggu, termasuk ikan yang mengandung minyak seperti salmon dan tuna.
4. Produk susu
Sumber nutrisi paling baik bagi bayi baru lahir adalah ASI. Agar produksi ASI lancar, ibu hamil harus rajin mengonsumsi produk berbahan susu yang kaya kalsium, misalnya susu, keju, dan yoghurt.
Semoga 4 Jenis Makanan Baik Untuk Ibu Hamil di atas bisa berguna untuk Anda tentunya bagi para ibu hamil.

No comments:

Post a Comment