Sunday, October 21, 2012

5 Mitos Keliru Tentang Nutrisi Makanan

Banyak sekali mitos tentang kesehatan yang beredar dimasyarakat tanpa dicermati terlebih dahulu kebenarannya. Hal ini yang membuat banyak orang membuat keputusan yang salah. Kesalah pahaman yang sudah banyak banyak beredar tersebut perlu diluruskan agar semuanya menjadi lebih jelas dan dimengerti. Seperti yang dilansir HuffingtonPost beberapa peneliti nutrisi terkemuka, koki dan ilmuan makanan melakukan penelitian seputar makanan yang diberitakan tidak baik untuk kesehatan.

Berikut ini 5 Mitos Keliru Tentang Nutrisi Makanan yang dilansir dari detikFood :

5 Mitos Keliru Tentang Nutrisi Makanan

5 Mitos Keliru Tentang Nutrisi Makanan, kesehatan nutrisi makanan

1. Makan Gula Tidak Baik Untuk Kesehatan
Gula adalah penyebab penyakit diabates dan obesitas jika dikonsumsi berlebihan. Bahan makanan yang digunakan sebagai pemanis makanan dan minuman ini  dihindari oleh yang sedang berdiet. Konsumsi gula sebenarnya berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh. Tiap 1 gram gula mengandung 4 kalori.
2. Makan Telur Tingkatkan Kolesterol
Orang yang sedang berdiet rendah kolesterol sangat menghindari makanan  ini. Telur diketahui mengandung lemak jenuh sekitar 1,5 gram per butir. Lemaknya akan bertambah jika telur digoreng dengan mentega. Nyatanya jumlah kolesterol pada telur tidak mempengaruhi kolesterol dalam darah. Telur dapat disajikan untuk sarapan, makan siang dan makan malam.
3. Minum Beralkohol Tidak Baik Untuk Kesehatan
Wine, bir dan minuman keras lainnya yang mengandung alkohol sebenarnya memberikan manfaat untuk kesehatan, asal tidak berlebihan. Kandungan etanol pada alkohol dapat meningkatkan kadar HDL yang berguna untuk mengurangi pembekuan lemak di arteri yang menyebabkan penyakit jantung.
4. Makan Garam Tingkatkan Kadar Natrium
Jumlah natrium yang diserap dari makanan sangat kecil. Natrium yang banyak terdapat pada garam berguna untuk mempercepat proses memasak tanpa mengurangi kandungan nutrisi  makanan. Seorang penulis On Food & Cooking bernama Harold McGee merekomendasikan penggunaan garam 1 sendok teh per 250 ml air.
5. Makanan Organik Lebih Bergizi
Makanan organik dipercaya baik unutk kesehatan karena proses penanaman tanpa pestisida. Para peneliti di London School of Hygiene & Tropical Medicine menyatkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara nutrisi makanan organik dan non organik.

Mitos-mitos yang terlanjur merebak dimasyarakat ini terkadang membuat Anda salah dalam mengambil sikap untuk menjaga kesehatan Anda. Seperti contoh yang telah dijelaskan di atas, bahwa gula memang penyebab penyakit diabetes dan obesitas namun hal itu dikarenakan konsumsi Gula yang terlalu berlebihan, dan sebenarnya jika konsumsi gula dengan takaran yang benar maka gula bisa memberikan manfaat yang berarti untuk tubuh Anda karena Tiap 1 gram gula mengandung 4 kalori. Ada baiknya untuk mengkonsumsi segala hal/apapun itu tetap mengkonsumsinya dalam takaran yang sewajarnya dan jangan berlebihan. Itulah 5 Mitos Keliru Tentang Nutrisi Makanan semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment