Monday, October 15, 2012

Manfaat Propolis Bagi Kesehatan

Manfaat propolis sangat banyak yang bisa Anda rasakan jika Anda rutin mengkonsumsinya. Propolis atau lem lebah merupakan hasil dari air liur lebah madu. Propolis biasa digunakan oleh lebah untuk menambal dan mensterilkan sarangnya. Propolis bersifat disinfektan (anti bakteri) yang membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah. Lebah madu menggunakan propolis untuk melindungi sarangnya dari berbagai macam virus, bakteri, ataupun kuman.

Dengan sifat propolis yaitu disinfektan (anti bakteri) maka tidak sedikit orang menggunakan propolis sebagai obat herbal yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Propolis sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan bakteri yang resistant terhadap antibiotik buatan manusia.

Bukti ilmiah yang telah dilakukan adalah seperti yang dipublikasikan di Archives of Pediatric and Adolescent Medicine dimana 430 anak secara random diterapi dengan Propolis selama musim dingin dan dibandingkan dengan anak lain yang diberi obat buatan pabrik. Musim dingin dipilih karena pada musim ini pada umumnya anak-anak mudah terkena infeksi saluran pernafasan. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa anak-anak yang diberi Propolis terkena infeksi saluran pernafasan 55 % lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak lain yang mendapatkan obat dari pabrik.

Kandungan Propolis

Propolis memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan kompleks. Terdapat  lebih dari 300 unsur penting yang terkandung dalam propolis. Diantaranya adalah : flavanoids, chalcones, dehydrocalcones, asam alipatik dan ester lainnya, asam alipatik rantai panjang, minyak volatil rantai pendek, asam aromatik dan ester lainnya, asam benzoik dan turunannya, aldehida, senyawa alkohol, asam sinamat dan turunannya, ketine, phenol, asam amino, vitamin, dan mineral.

Manfaat Propolis

manfaat propolis, sarang lebah

1. Propolis sebagai anti-kanker dan sel yang bermutasi, seperti kanker, tumor, mioma, kista, dan sebagainya.
2. Manfaat Propolis mengobati penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya: thypus, diare / muntaber dan sebagainya. Bisa juga untuk bau ketiak yang sangat mengganggu, karena dalam lipatan ketiak terdapat bakteri atau jamur yang menyebabkan bau.
3.  Manfaat Propolis mengobati penyakit yang berhubungan dengan virus, misalnya demam berdarah, flu, TBC dan sebagainya.
4. Manfaat Propolis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
5. Fungsi Propolis sebagai Anti peradangan (infeksi dan luka), seperti bisul, luka, sakit tenggorokan, congek, sakit gigi, radang ginjal, luka bakar dan sebagainya.
6. Manfaat Propolis sebagai antibiotik, antivirus dan antijamur alami tanpa/minimal efek samping.
7. Khasiat Propolis berfungsi untuk membersihkan pembulu darah dan detoksifikasi.
8. Khasiat Propolis berfungsi sebagai pembuangan racun, seperti asam urat, kolesterol, trigliserin, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes mellitus, dan sebagainya.
9. Fungsi Propolis juga dapat mengobati penyakit seperti ateriosklerosis atau pengapuran pembuluh darah oleh lemak, berbagai infeksi, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, penyakit syaraf, arthritis dan rematik.
10. Manfaat Propolis sebagai penetral racun dalam tubuh dan pada saat yang sama berfungsi sebagai  anti-oksidan kuat.
11. Manfaat Propolis mengobati penyakit yang berhubungan dengan jamur, seperti eksim, panu, keputihan, ketombe, dan sebagainya.

Itulah berbagai Manfaat Propolis, untuk masalah harga dari propolis itu sendiri dari ke-empat produk lebah yaitu propolis, madu (honey), bee pollen dan royal jelly, maka propolis termasuk produk yang langka. Jadi sudah pasti harga propolis bisa terbilang cukup mahal dibandung produk lebah lainnya.

No comments:

Post a Comment