Sunday, October 14, 2012

Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan

Siapa yang akan menyangka bahwa Jantung pisang ternyata memiliki berbagai manfaat juga untuk kesehatan. Kadang banyak orang memandang jantung pisang sebagai sesuatu yang tidak berguna dan menyepelekannya. Namun buktinya dari beberapa penelitian yang telah dilakukan dan saya kutip dari berbagai sumber, salah satu manfaat jantung pisang adalah bisa mencegah terkena penyakit stroke.

Setiap pohon pisang hanya menghasilkan satu tandan buah pisang yang berasal dari satu jantung atau kelompok bunga pisang. Karena itulah, jantung pisang lebih sulit dicari di pasaran dibandingkan dengan buahnya. Setelah pisang mulai berbuah, kelompok bunga yang ada di bagian bawah dikenal dengan nama jantung pisang akan tertinggal. Jantung pisang harus dipotong agar tidak menghambat pertumbuhan buah dan mencegah penyakit pada tanaman pisang. Karenanya jantung pisang sering dianggap limbah yang murah.

Jantung pisang memiliki manfaat yang tidak kalah baiknya dengan buah pisangnya, hal itu karena kandungan nutrisi yang terkandung pada jantung pisang : Tiap 25 gram jantung pisang, mengandung 31 kkal kalori, 7.1 gram karbohidrat, 0.3 gram lemak, dan 1.2 gram protein. Selain itu, ada kandungan mineral (fosfor, kalsium, dan zat besi) serta vitamin (A, B1, dan C), dan serat pangan.

Manfaat Jantung Pisang

manfaat jantung pisang, pisang ambon siam batu kepok

Jantung pisang bisa bermanfaat juga untuk orang yang sedang menjalankan program diet karena rendah lemak dan sifatnya bisa memberi efek kenyang yang lebih lama. Penderita diabetes pun sangat dianjurkan mengkonsumsi jantung pisang karena ndeks glikemik (GI) nya rendah. Juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan (mencegah penggumpalan darah). Kandungan serat dalam jantung pisang dapat memperlancar pencernaan serta mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang bersama kotoran.

Jantung pisang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan seperti urap, pecel, gulai, lodeh, pepes, tumisan sampai dengan beragam bumbu.

Namun hal yang perlu diingat bahwa tidak semua jantung pisang enak untuk dimakan, contohnya jantung pisang pada pisang Ambon memiliki rasa yang agak pahit karena kadar tannin yang terlalu tinggi. Mengkonsumsi olahan jantung pisang sebaiknya dari pisang siam, kepok, dan klutuk (batu) karena memiliki kadar protein yang lebih tinggi dibanding jantung pisang lainnya.

Itulah beberapa Manfaat dari Jantung Pisang yang sering dianggap remeh ternyata memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

No comments:

Post a Comment