Tuesday, December 11, 2012

Minumlah Secangkir Kopi Sebelum Olahraga

Sebagian orang banyak yang sangat gemar mengkonsumsi minuman kopi. Apalagi dipagi hari sebelum melakukan aktifitas, rata-rata orang sangat menyukai dengan meminum kopi. Walaupun banyak orang yang menyebut-nyebut bahwa kopi bisa membahayakan kesehatan jantung, namun jangan salah, karena kopi pun baik untuk kesehatan. Namun hal yang perlu dipahami bahwa meminum kopi tidak boleh berlebihan, hal itu yang bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan jantung, jika mengkonsumsi kopi sewajarnya Anda tidak perlu khawatir.

Ada pun manfaat yang bisa Anda peroleh jika meminum kopi sebelum olahraga. Berikut penjelasannya :

Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

manfaat minum kopi, minum kopi sebelum olahraga

Membantu proses pembakaran lemak
Para peneliti dari Australian Institute of Sport, seperti disebutkan dalam Good Health, menemukan bahwa satu cangkir kopi dapat memicu otot untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi, ketimbang karbohidrat. Fakta lain, menurut Dr. Michael Colgan, penulis Optimum Sports Nutrition, seperti dirilis Live Strong, pembakaran lemak dapat meningkat hingga 100 persen bila mengonsumsi kafein sebelum olahraga.

Meningkatnya pembakaran lemak ini tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga menambah waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencapai titik lelah saat berolahraga.
Membuat daya tahan lebih baik
Para peneliti juga menjumpai bahwa pesepeda yang dibolehkan menyesap kopi saat sedang mengayuh sepeda, mampu berjalan lebih jauh ketimbang yang hanya minum air. Penelitian dari Inggris menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot kaki.

Kafein juga dapat memperbaiki performa aktivitas dengan meningkatkan kekuatan dari kontraksi otot. Hal itu terutama cukup signifikan bagi orang yang berlatih dengan kecepatan eksplosif dan melakukan olahraga kekuatan seperti angkat beban.

Mengurangi nyeri

Kafein bekerja pada sistem otak dan saraf tulang belakang (sistem neuromodulatori adenosin) yang terkait dengan proses nyeri. Ketika kafein menghambat adenosin, rasa nyeri selama dan usai berolahraga keras tampaknya dapat dipangkas. Efek itu kebanyakan ditandai ditandai pada mereka yang mengonsumsi kafein dalam jumlah normal.

Itulah Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga yang bisa Anda lakukan, jadi tidak perlu khawatir jika Anda konsumsi kopi, asalkan minum kopi sewajarnya dan jangan berlebihan.

No comments:

Post a Comment