Monday, October 8, 2012

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun sangat banyak dan bisa kita peroleh baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Minyak zaitun adalah minyak yang diperoleh dari buah yang berasal dari pohon zaitun (Olea Europaea). Kandungan minyak zaitun yang bisa diperoleh untuk kesehatan tubuh Anda sangat banyak, karena minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuhnya yang tinggi, khususnya asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal yang di dalamnya terdapat asam oleat (Omega 9) dan juga asam linoleat (Omega 6) dengan kadar 65-85%.

Minyak Zaitun pun memiliki 3 Jenis yang sering kita temui dipasaran :

Minyak Zaitun Extra Virgin
Minyak zaitun extra virgin merupakan jenis minyak zaiyun yang paling murni karena merupakan hasil ekstraksi pertama dari buah zaitun. Warna minyak ini biasanya kehijauan dan memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam. Minyak ini tidak bagus untuk menumis atau menggoreng karena kadar minyaknya yang rendah. Minyak zaitun ekstra virgin lebih baik dikonsumsi dengan cara diminum atau digunakan sebagai campuran makanan seperti salad atau sayuran yang direbus.

Minyak Zaitun Murni
Minyak zaitun murni berwarna hijau kekuningan dan merupakan hasil dari proses lanjutan minyak zaitun ekstra virgin. Minyak zaitun jenis ini bisa digunakan sebagai campuran masakan dan untuk menumis.

Minyak Zaitun Sulingan
Minyak zaitun sulingan merupakan jenis minyak zaitun yang mengalami proses penyulingan lanjutan. Warnanya kekuningan dan cocok digunakan untuk menumis. Minyak zaitun jenis ini dapat ditemukan di pasaran dengan harga yang lebih murah dibandingkan kedua jenis minyak zaitun di atas.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan, minyak zaitun

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Kandungan antioksidan nabatinya sangat tinggi sehingga akan menurunkan resiko Penyakit Jantung. Cukup dengan minum 2 sendok setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung.

Mampu Melawan Kanker
Minyak zaitun dapat mereduksi kerusakan sel (kerusakan ini dapat memicu kanker). Fenol dalam minyak zaitun extra virgin bertindak sebagai antioksidan pencegah penyakit untuk menghambat proses kanker ; asam oleat diperkirakan mencegah penyebaran tumor.

Menghilangkan Artritis
Minyak zaitun mengandung Prostaglandin yang bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Caranya  dikonsumsi dalam campuran makanan sehari-hari dan akan membuat  antinyeri dengan melumasi sendi dan mencegah pembengkakan. Atau dengan mengoleskan minyak zaitun pada nyeri otot atau nyeri sendi.

Mencegah Diabetes
Kandungan minyak zaitun berupa lemak tak jenuh tunggal. Sehingga minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta risiko diabetes tipe 2.

Menghentikan Rasa Nyeri
Kandungan oleokantal  dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat antiradang lainnya. Minyak zaitun dapat digunakan untuk obat oles luka lecet, luka sobek, dan gangguan yang berisiko menimbulkan radang, bengkak, dan nyeri.

Mencegah Pikun
Kandungan Asam lemak tak jenuh tunggal dalam Minyak Zaitun berfungsi untuk menjaga struktur sel dan membran dalam otak, sehingga membantu mencegah hilangnya ingatan.

Mencegah Osteoporosis
Minyak zaitun membantu penyerapan kalsium yang diperlukan untuk mencegah pengeroposan tulang.

Minyak zaitun memang menyehatkan tetapi jika digunakan dengan tidak tepat maka dapat merusak kandungan di dalamnya. Minyak zaitun tidak dapat digunakan untuk menggoreng karena sifatnya yang tidak tahan terhadap pemanasan yang tinggi. Bila dilakukan, maka ikatan kimia di dalam minyak zaitun dapat rusak dan dapat berubah menjadi zat berbahaya bagi tubuh. Sebaiknya jika ingin digunakan, lakukan pada masakan tumis karena pemanasan tidak berlangsung lama. Jika dipakai untuk menggoreng, asam lemak tak jenuh justru lebih mudah membentuk akrilamida, radikal bebas, dan lemak trans yang berbahaya karena sifatnya yang mudah bereaksi. Nah itu dia Manfaat Minyak Zaitun yang bisa Anda peroleh namun perlu diperhatikan pula dalam pengolahannya.

No comments:

Post a Comment